Skip to main content

Review Novel Rhapsody;Selalu Ada Alasan Untuk Pulang

Mahir Pradana
Gagasmedia, 2013
322 Halaman
Rp. 48. 000

Blurb

Hei, di sebelah dunia bagian mana kau sedang berada?

Sudah bertahun-tahun kau dan aku mencari arah.
Berkali-kali jatuh cinta pada selatan.
Menaruh keraguan pada barat.
Terus menunggu isyarat timur.
Hingga utara pun sudah tak lagi kita percaya.

Sudah kujejaki banyak kisah, kutemui pula banyak luka.
Ternyata, pada kisah lalu milik kitalah harapan itu tetap ada.

Masih kuatkah kau dan aku berjalan?
Atau, kali ini, mungkin pulang akan menjadi jawaban

***

Saya membeli novel ini karena tertarik dengan alur cerita yang disajikannya sehabis saya membaca review teman. Saya penasaran dengan apa yang diceritakan di dalamnya. Dan karena ini adalah novel dari pengarang yang belum pernah saya baca karangan sebelumnya, saya semakin tertarik.

***
Rhapsody bercerita mengenai Al. Seorang anak yatim piatu yang terobsesi untuk membangun sebuah hostel di tempat kelahirannya. Makassar. Al yang saat itu dipandang sebelah mata karena niatnya untuk membangun hostel tetap ingin meneruskan bisnis mendiang ayahnya itu. Dibantu oleh bebi-seorang waria mantan pekerja salon kakaknya Al dahulu Al membangun hostel yang diberi nama "Makassar Paradise" dari nol. Jarang wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri yang berkunjung ke hostel tersebut. Karena pada saat itu hostel sangatlah dipandang sebelah mata. Sampai seseorang hadir dalam kehidupan Al dan mengubah hostel tersebut menjadi hidup.

Miguel. Seorang keturunan Mediterania, Spanyol yang tiba-tiba datang menemui Al di hostelnya. Miguel ternyata anak dari seorang ibu lanjut usia yang beberapa tahun lalu Al tolong pada saat di Berlin. Miguel mengaku ingin melakukan balas budi terhadap Al karena Al sudah membantu ibunya saat itu. Sejak kehadiran Miguel, hostel "Makassar Paradise" pun hidup dan didatangi banyak wisatawan.

Al adalah manusia biasa yang mempunyai cinta dan masa lalu. Dulu, saat SMP Al pernah berpacaran dengan Sari. Namun karena masih anak-anak pada saat itu Al hanya berpacaran melalui media telpon tanpa pernah bertemu. Karena pada waktu itu Sari harus pindah ke Jakarta untuk ikut ayahnya yang berpindah tugas. Dan hubungan itu hanya bertahan selama empat bulan. Setelah berpacaran dengan Sari, Al berpacaran dengan Nadia dan melakukan tour Eropa bersamanya. Namun hubungannya dengan Nadia pun kandas setelah dua tahun lamanya.
"Mengapa menggunakan kata "jatuh"? apakah karena ketika kita merasakan cinta, kita tidak bisa mengendalikan diri? Apakah sebaiknya kita pasrah saja ketika "jatuh" dan menunggu sampai terbentur di dasar? Jangan salahkan gravitasi ketika jatuh cinta, kata Einstein. Kalau begitu apa yang membuat kita begitu hilang kendali?" - (hal. 135) 

Al hidup sendirian di tengah hostelnya. Sedangkan kakaknya, Siska tinggal di rumah lama milik ayah dan ibunya dulu. Banyak hal yang terjadi setelah Miguel datang dan hostelnya laku keras. Termasuk Sari yang masuk kedalam kehidupannya kembali. Yang semenjak kedatangannya membuat Al jatuh cinta kembali. Membuat Al harus memupuskan harapan. Namun, Al harus terpuruk kembali setelah mendapatkan ayah dan ibunya pergi. Banyak hal yang membuat Al jatuh. Akankah ada keajaiban datang kepada Al?

"God creates feelings like love, hate, happiness or fears, although love is sometimes hidden behind the mists... But with our togetherness that will last through the years, we're going to see that true lovereally exists..." - (Hal. 303)
***

Rhapsody memiliki sudut pandang orang pertama. Mempunyai alur cerita maju-mundur yang sangat berbeda dari novel lainnya. Mengapa dikatakan alur mundur? karena disini tokoh utama, Al bercerita tentang masa lalunya pada saat awal ia membentuk hostel dan maju menceritakan apa yang terjadi setelahnya. Tetapi juga flashback untuk menceritakan masa pertemuannya dengan Sari maupun Nadia.

Tokoh-tokoh yang dihadirkan mempunyai sifat yang melekat. Seperti bebi-seorang waria yang selalu menggunakan bahasa banci serta okkots Makassarnya yang khas. Membuat cerita yang dihadirkan menggelitik beberapa saat.

Di setiap bab terdapat Lesson of Life yang sangat bagus untuk direnungkan. Dan juga beberapa kutipan lagu-lagu Coldplay yang menambah suasana ceritanya menjadi hidup.

Namun, seberapa bagus novel  itu dibuat tetap saja ada nilai minusnya. Pada halaman 110 dijelaskan bahwa Sari mengunjungi hostel Al pada tanggal 1 November 2012. Disitu tepat mereka bertemu kembali setelah hampir 10 tahun tidak bertemu. Dan Sari berkenalan dengan Miguel. Namun, di halaman 231 dijelaskan kejadian kapal tenggelam di pulau Rote yang mengakibatkan Miguel tewas terjadi pada tanggal 11 Desember 2011. Saya bingung, apakah terjadi kesalahan penulisan tahun atau saya yang tidak mengerti alur ceritanya? .__.

Oh iya, satu lagi. Ditemukan typo di halaman 273 pada kata "jugar" yang seharusnya ditulis "juga".

Untuk seluruhnya novel ini sangat bagus. Akhir ceritanya unpredictable banget. Alurnya yang sangat berbeda dari novel biasanya menjadikan novel ini menjadi satu kesatuan yang sangat sempurna. 4 bintang untuk novel ini. Recommended !!




Comments

  1. Udah lama pengin baca buku ini hehehe tapi belum ada kesempatan ^_^

    ReplyDelete
  2. udah baca buku ini tapi belum direview :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Novel Klise

GHIYAT AESNA Zettu, 2013 236 Halaman Blurb Pernahkah kau berharap? Pernahkah kau bermimpi? Sederhana saja, semua karena cinta. Tapi, apa perasaan kau jika cinta itu sendiri yang menghancurkan semua harapan dan mimpimu yang tekah dibangun sejak lama. Terjebak dalam labirin dan sulit mencari jalan keluar. Lalu, pernahkah kau bimbang? Sederhana saja, ketika kau melewati sebuah jalan dan menemui persimpangan, kau mungkin bingung memilih jalan yang mana. Bagaimana kalau kedua jalan itu adalah percintaan dan persahabatan? Tak semudah yang kau pikirkan. Sebagian besar, cinta itu membuatmu bahagia, tapi sebagian lainnya membuatmu sulit. Bahkan sangat-sangat sulit. Kali ini cerita yang kau cari, mungkin tentang betapa rumitnya sebuah cinta. Maka, kau telah menemukannya. *** Klise bercerita tentang Toper seorang anak lelaki brokenhome yang diharuskan untuk pindah ke Singapura oleh ayahnya. Toper dipidahkan ke Singapura untuk melanjutkan pe

Pilihan

Seharusnya hari ini kamu bertemu dengan Asa, Rea dan Ego kembali. Tapi saya terlalu lelah untuk menulis. Sehingga cerita mereka belum selesai. Kamu masih mau menunggu bukan? Sampai bertemu esok ya!

Surat 1 : Untuk Kamu Yang Merasa Sepi

#30HariBercerita Hari ke-4 Surat pertama ini saya tulis dalam keadaan bingung. Bukan bingung untuk siapa surat ini akan ditunjukkan, tapi lebih kepada apa yang ingin saya sampaikan dalam surat ini. Untuk kamu yang merasa sepi, surat ini saya sampaikan. Jika kamu membacanya, saya harap kamu tak lagi merasa sendiri. Saya masih ingat malam itu tiba-tiba kamu mengirimi pesan yang isinya “gue ngerasa kesepian”. Pada saat itu saya bingung, kaget. Karena kamu bukan tipekal yang sering bercerita namun tiba-tiba kamu mengatakan hal seperti itu. Saya paham, semua orang di dunia ini pasti akan mengalami perasaan itu. Sebahagia apapun dirinya, ia pasti akan merasakan kesepian. Saya juga tidak tau apa yang harus saya lakukan agar membuat perasaan itu hilang dari dirimu. Karena selama ini saya merasa bahwa hal seperti itu hanyalah permasalahan pikiran saja. Yang harus kamu tau, saya bersama yang lain selalu ada di belakangmu. Meskipun kami tidak selalu ada di sampingmu. Tapi kamu tau ka